Astronom Temukan Planet Hitam Lintasi Bintang

Astronom meneliti bintang 'red dwarf' yang berjarak 500 tahun cahaya dari Bumi. Bintang yang diberi nama HATS-6 ini memiliki ukuran setengah dari matahari di sistem tata surya.

Dilansir Gizmodo, Minggu (3/5/2015), HATS-6 dikenal sebagai salah satu bintang paling kecil. Saat menyaksikan bintang tersebut, peneliti menemukan planet asing yang melewati HATS-6. Planet tersebut muncul melintasi atau mengorbit bintang HATS-6.

Planet hitam yang dijuluki HATS-6b ini diperkirakan memiliki massa serupa Saturnus atau 100 kali lipat dari massa Bumi. HATS-6b merupakan salah satu planet asing yang memilik orbit dekat dengan bintang induknya.

Oleh karena jaraknya yang dekat dengan bintang induk, HATS-6b memiliki gas yang mengepul keluar. Kondisi ini membuat planet tersebut tampak membesar seperti balon udara panas hingga ukurannya serupa Jupiter.

Dengan periode orbit hanya 3,3 hari, astronom mengungkapkan bahwa HATS-6b secara signifikan lebih dekat dengan bintang induknya. Astronom juga menamakan HATS-6b dengan sebutan 'Warm Saturn' atau Saturnus yang Hangat.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 23.21

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Comments

CB